RSS

Dan ternyata inilah alasan kenapa SBY takut dengan malaysia!

20 Okt

Inilah alasan kenapa mister Presiden seperti takut dengan negara jiran Malaysia saat konflik mengenai perbatasan:

Ada analisis menarik dari pengamatmiliter Universitas Indonesia, Andy Wijayanto, mengenai kemungkinan terjadinya perang terbuka antara Indonesia dan Malaysia di daerah konflik perairan Blok Ambalat. Bila Jakarta mengumumkan perang terbuka dengan negara tetangga kita itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus memperhitungkan aliansi negara yang akan mendukung negeri jiran tersebut dalam konfrontasi.

Andy mengungkapkan, Malaysia memiliki sistem aliansi pertahanan dengan Inggris, Australia, Singapura, serta Selandia Baru. Aliansi itu disebut sebagai Five Power Defense Agreement (FPDA). Salah satu kesepakatan negara- negara FPDA adalah klausul bahwa serangan terhadap salah satu negara anggota merupakan serangan pula terhadap negara anggota lainnya.
“Malaysia tinggal meminta klausul itu diaktifkan. Bila disepakati, berarti negara kita harus siap berperang juga dengan Inggris, Australia, Singapura, serta Selandia Baru yang mempunyai kekuatan tempur jauh lebih kuat dan canggih,” jelasnya setelah diskusi tentang RUU Pertahanan dan Keamanan.

Dari situs resmi British High Commission, Kuala Lumpur, diketahui bahwa FPDA berdiri pada 1971 sebagai lembaga konsultasi dan antisipasi serangan terhadap Singapura serta Malaysia. Saat peringatan 30 tahun FPDA pada November 2001, kelima negara anggotanya sepakat membentuk suatu kerja sama jangka panjang. Salah satunya, perjanjian saling dukung bila ada negara anggotanya yang diserang negara lain.
Tahun ini, FPDA memfokuskan tinjauannya pada maritime security. Dengan fokus tersebut, kemungkinan empat negara lainnya untuk mendukung Malaysia dalam konfrontasi dengan Indonesia menjadi lebih besar. Tidak itu saja. Bila dalam konfrontasi nanti negara kita berhadapan dengan Inggris, negara tersebut sangat mungkin meminta artikel lima NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) diaktifkan. Artikel lima NATO serupa dengan klausul perjanjian FPDA yang intinya menyatakan, serangan yang dialami salah satu negara anggota dianggap sebagai serangan terhadap negara-negara anggota lainnya dan harus dihadapi bersama. Sehingga, konfrontasi dengan Malaysia bisa melebar serta membuat Indonesia harus berhadapan dengan negara- negara anggota NATO.

“Jadi, efeknya akan beruntun. Itulah yang harus diperhitungkan masak- masak oleh Presiden SBY sebelum mendeklarasikan konfrontasi dengan Malaysia. Rakyat pun harus memahami hal ini supaya tidak gelap mata mendesak perang dengan Malaysia,” tegas Andy.

Namun, dugaan lain mengenai lembeknya sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang Malaysia diduga karena SBY takut penjualan album CD yang ia promosikan tidak laku di Malaysia.
“Di Indonesia kan tidak laku. Makanya SBY tidak berani melakukan diplomasi keras karena takut albumnya tak laku di Malaysia,” canda Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia Ray Rangkuti. Hal tersebut disampaikan Ray Rangkuti dalam acara pernyataan sikap Koalisi untuk Kedaulatan Indonesia yang terdiri dari KIARA, PPKP Maritim, LIMA, KNTI, IMM, Walhi, KPA, KAU, FKNJ, PMKRI, IHI dan PRP bertajuk “Kami Kecewa Pidato SBY soal hubungan Indonesia-Malaysia” di Kantor Institut Hijau Indonesia Jalan Komplek Bumi Asri No. C3 Liga Mas Perdatam, Pancoran, Jakarta.

Dan, kalau saya pribadi sih lebih setuju mengenai pendapat yang terakhir. Saya rasa sih SBY cuma takut albumnya tak laku di Malaysia. He..he, secara di negaranya sendiri meski sudah di promosikan melalui berbagai even kenegaraan dan doktrin melalui buku-buku pendidikan anak sekolah tapi tetap saja gagal menembus daftar tangga lagu terfavorit Indonesia. Tapi itu pendapat saya, terserah bagaimana anda menilainya.

Untuk negara seperti Malaysia memang sebenarnya menyebalkan. Kelakuan negara tengil tersebut sudah amat keterlaluan. Apa salahnya kita kasih sedikit peringatan? Tembak aja satu kapalnya sampai karam, sudah itu baru ajukan permintaan maaf melalui proses diplomasi. Katakan bahwa itu merupakan suatu ketidaksengajaan dari aparat kita. Liat aja contoh bukti kasus penembakan kapal perang Korsel oleh kapal selam milik Korut. Sampai sekarang Korut aman-aman saja tuh. Ingat juga kasus penembakan membabi-buta dari tentara Israel kepada anggota kepolisian Turki di perbatasan, dan penyerangan terhadap kapal kemanusiaan milik Turki yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Israel tidak menyampaikan permintaan maaf sama sekali. Dan tidak ada sanksi apa-apa dari negara lain. Apa salahnya kalau Tentara kita melepaskan beberapa tembakan kecil tapi tepat sasaran. Yang penting tembak dulu, baru nanti minta maaf. Ya itu dari kaca mata saya sebagai orang awam. Tak ada salahnya kita tengil sedikit kan, mister Presiden? :))

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Oktober 2011 in opiniku, Serba-serbi

 

6 responses to “Dan ternyata inilah alasan kenapa SBY takut dengan malaysia!

  1. manusia kereta

    20 Oktober 2011 at 5:26 am

    P.E.R.T.A.M.A.X

     
  2. engkos

    22 Februari 2013 at 6:07 pm

    buat apa kta pnya pemimpin,
    jka PemimPin itu lemah.
    malu dong sama pahlawan kita dulu,yg gagah brni,membela negara demi kedaulatan,

    nangis pahlawan kta jika mlhat negara kita ter injak-injak,

    ya allah lindungi lakh negaraku,umat mu,sadarkan lakh pemimpinku,,,aamiin*

     
    • puspa

      19 April 2014 at 7:11 pm

      your coment is good job!!!!!

       
  3. ahmadhanin

    14 Juli 2014 at 12:43 am

    berapa negara yg mendukung belanda untuk jajah indonesia dgn seadanya kita bs menang,

     
  4. tokek

    12 September 2014 at 5:31 pm

    wamil perlu adakan di negara ini. biar kalo perang enak tentaranya banyak so ga perlu takut. btw kita para pemuda pemudi udah pakar kok dalam menembak ato menggunakan senjata (walaupun lewat pb, cs, cod dst). setidaknya dasarnya dah ada

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 998 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: