RSS

Merek lokal asli Indonesia yang berkualitas Internasional.

23 Okt

Ini dia gan, merk Indonesia yang dikira merk dari luar negeri, selain dari namanya juga karena kualitasnya.

Banyak yang menyangka beberapa merek dibawah ini adalah merk luar negeri, padahal merek lokal. Orang Indonesia banyak yang mengira bahwa merk lokal Indonesia kualitasnya kalah dengan merek luar negeri. Padahal banyak produk bermerek Internasional yang bahan bakunya serta pembuatannya dilakukan di dalam negeri menggunakan sumber daya lokal, baik bahan maupun tenaga kerjanya. Beberapa merek lokal bahkan sempat disangka merek internasional dikarenakan kualitasnya, seperti beberapa merek dibawah ini. Daripada beli barang bajakan dari luar negeri, mendingan beli merek Indonesia yg kualitasnya jauh lebih baik daripada barang bajakan. Apalagi kualitasnya sudah terbukti dan menggunakan produk dalam negeri berarti mendukung kemajuan negeri sendiri.

Inilah beberapa merek lokal asli Indonesia yang berkualitas Internasional :

MASPION

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan Maspion. Mulai dari generasi nenek kita , Maspion sudah dikenal sebagai merek dari produsen alat elektronik rumah tangga.
Iklan Maspion terkenal dengan ungkapan ”Cintai produk-produk Indonesia!”. Maspion memang perusahaan lokal yang terkenal dengan produk alat-alat elektronik keperluan rumah tangga mulai dari setrika, blender, kipas angin sampai AC.
Perusahaan yang berpusat di Surabaya ini memulai bisnisnya dari tahun 1960-an loh gan: dengan menghasilkan alat2 rumah tangga.

POLYGON

Pasti agan-agan pecinta sepeda kenal dengan merek sepeda yang satu ini. Mulai dari sepeda gunung, sepeda mini, sepeda BMX, sampai sepeda lipat bisa dibuat oleh pabrik sepeda yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur ini. Soal kualitas, agan jangan mergukan. Banyak pengguna biasa sampai komunitas penggemar sepeda memakai produk lokal ini.Ternyata para pengambil kebijakan di Polygon memasarkan produknya di luar negeri dulu baru kemudian dipasarkan dan dijual di dalam negeri. Selain karena kecenderungan orang2 Indonesia yang lebih percaya sama ‘produk luar negeri’. Selain itu dengan keberhasilan Polygon di pasar luar negeri tentunya menaikkan nilai jual dan prestise dari merek mereka, yang kemudian akhirnya lebih mudah dalam pemasaran di dalam negeri. Saya kira begitu.

POLYTRON

Mungkin saja di rumah kita memiliki tv, radio tape atau alat elektronik lain bermerk Polytron. Ini ternyata produk Indonesia lho manteman!
Perusahaan yang punya pabrik di kudus dan Semarang ini bisa dibilang pengalaman dan ahli di bidang elektronik. Perusahaan ini sudah sejak tahun 1970-an membuat televisi, dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk sejenis dari luar negeri.

BYON

Perkembangan teknologi ternyata tidak membuat bangsa kita jadi penonton. Byon turut hadir meramaikan tren komputer notebook.
Dengan harga jual yang lebih murah, Byon bukanlah produk asal-asalan.
Mereka memiliki konsep pemasaran yang cukup unik, yaitu komputer notebook yang dapat di-upgrade seperti komputer desktop/pc. Kehadiran Byon di pasar notebook membuktikan bahwa bangsa kita juga mampu membuat produk dan piranti berteknologi tinggi.

LEA

Walaupun merknya berbau Amerika,tapi sebenernya ini produk Indonesia loh manteman! Soal model dan kualitas, pasti sering kita lihat sendiri kalau Lea tidak pernah minder disejajarkan dengan jenis merek2 lokal maupun luar di mall manapun. Walaupun tampilannya seperti produk impor, tapi produk ini asli Indonesia.

TOMKINS

Mulai dari sepatu kets, sepatu kulit, sepatu bola, sampai sepatu futsal, dapat kita temukan dalam merk ini. Soal ukuran, dari dewasa sampai anak2 tersedia. Manteman tidak usah bingung karena dari merek yang terkesan kebarat-baratan banget. Padahal sepatu Tomkins memang produk lokal gan.

BODYPACK dan EIGER

Kedua merk ini bernaung dalam satu induk perusahaan yang berpusat di
Bandung. Kedua merek ini dikenal dengan produk tasnya. Bedanya
Bodypack sekarang memfokuskan diri pada produk2 tas laptop dan tas
gadget, sedangkan Eiger setia pada produk2 berbau kegiatan berbau alam bebas. Kualitas Eiger memang sudah dikenal luas dikalangan penggiat alam bebas.

J.CO DONUTS and COFFEE

Tahun 2005, outlet pertama J.CO donuts and Coffe dibuka di Supermall Karawaci. Sejak itu J.CO terus mengembangkan sayap di berbagai mall di Indonesia. Dengan mengandalkan racikan donat dan kopi berkualitas internasional, perusahaan lokal dengan rasa internasional ini terus berkembang. J.CO bahkan ada diMalaisya dan Singapura. Perusahaan ini sendiri dimiliki oleh Johhny Andrean.

CFC

Restoran ayam goreng ini namanya Amerika banget kan manteman. Padahal ini adalah perusahaan lokal. California Fried Chicken (CFC) pertama kali didirikan oleh Pioneerdo Gourment International Tbk, 13 Desember 1983, dengan nama California Pioneer Chicken. Tahun 1988 mengganti nama menjadi yang sekarang ini. Soal rasanya, nggak kalah kok dari restoran ayam asal Amerika, semacam KFC dan McDonalds. Hanya kalah dalam pengembangan pasar.

HOKA-HOKA BENTO

Hoka-Hoka Bento merupakan restoran yang menyajikan makanan khas Jepang. Pertama kali didirikan dibawah naungan PT. Eka Bogainti. Dengan restoran pertama yang berlokasi di Kebun Kacang, Jakarta. Walaupun kelihatan seperti produk luar negeri, tapi ternyata Hoka-Hoka Bento adalah produk lokal loh manteman! Bahkan franchise dan outletnya dapat kita jumpai di sejumlah mall di kota besar.
Kualitas rasanya tak kalah dengan makanan Jepang yang asli.

Itulah merek-merek lokal asli Indonesia yang sering kita kira adalah merek luar.
Dari situ dapat dibuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, hanya terkadang rakyat kita sendiri yang sering malu mengakui dan menggunakan produk dari merek tersebut. Marilah kita cintai produk asli Indonesia dan jadilah raja di negeri sendiri!

About these ads
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 23 Oktober 2011 in Inspiratif

 

2 responses to “Merek lokal asli Indonesia yang berkualitas Internasional.

  1. Intan

    22 Januari 2012 at 11:31 am

    wah, wah…ternyata produk2 keren itu buatan indonesia. saya sempat terkecoh.
    ternyata indonesia juga bisa. go trus indonesiaa!!!!

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 998 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: