RSS

Inilah Roket Indonesia Karya Anak Bangsa

20 Mei

Awal tahun 2013 merupakan hari-hari yang menegangkan bagi Deputi Bidang Teknologi Dirgantara LAPAN Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata. Dia memiliki target untuk menerbangkan roket Lapan RX-550 pada tahun 2013, sementara uji statis RX-550 yang dilakukan tanggal 29 September 2012, masih menemui kendala. Uji statis pertama dilakukan tahun 2011 silam.

Komponen nosel roket RX-550 kembali mengalami masalah dalam uji statis di Stasiun Pengamatan Dirgantara LAPAN Pameungpeuk, Kabupaten Garut- Jawa Barat. Desain struktur nosel roket RX-550 belum mampu menahan tingginya suhu pembakaran. Akibatnya, komponen material nosel roket terlepas sebelum proses pembakaran propelan berakhir di detik ke 14.

Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata berencana mengubah desain struktur nosel roket, agar hasil akhirnya seperti yang diharapkan. Lapan pun kembali membangun seluruh komponen roket RX-550 serupa, untuk melakukan uji statis tahap ketiga pada awal tahun 2013.

Prof Dr Ing Soewarto berharap daya dorong roket bisa melebihi 25 ton dalam waktu 7 detik. Adapun proses pembakaran propelan ditargetkan 14 detik hingga bahan bakarnya habis. Kunci utama yang harus diselesaikan Lapan adalah membuat struktur material nossel bisa bertahan selama pembakaran, agar roket RX-550 mampu terbang sejauh 300 km ke luar angkasa.

Roket RX-550 berdiameter 550 milimeter ini, memiliki panjang keseluruhan 9 meter dan membawa bahan bakar jenis HTPB (hydroxyl toluen poly butadiene) sebanyak 1,8 ton.

Target yang dipatok Lapan pada tahun 2013 adalah peluncuran roket ke luar angkasa untuk membawa peralatan pengukur atmosfer. Roket ini akan dilepas di Morotai, Maluku Utara di atas samudra Pasifik.Lapan akan meluncurkan roket pembawa satelit di Kabupaten Morotai, Maluku Utara (Malut) pada November 2013 karena daerah itu dinilai sangat strategis untuk peluncuran roket satelit itu.

Kepala Bappeda Pulau Morotai, Syamsuddin mengatakan di Ternate, Sabtu, tim dari Lapan telah melakukan survei lokasi di Pulau Morotai yang akan menjadi titik peluncuran satelit tersebut.

“Peluncuran roket dari Lapan sudah dipastikan pada bulan November 2013 mendatang di wilayah Sangowo Morotai Timur Kabupaten Pulau Morotai,” katanya.

Ia mengatakan, tim Lapan dan Bappenas sudah kembali melakukan survei lokasi peluncuran, sehingga untuk kepastiannya pada November mendatang akan dilaksanakan peluncuran roket di Sangowo.

Menurutnya, kedatangan tim Lapan bersama Bappenas adalah sebagai mitra kerja untuk meninjau lokasi kepastian peluncuran roket oleh Lapan, sehingga dari Lapan sendiri berharap ada dukungan dari Pemda Morotai untuk kegiatan tersebut.

Dari Lapan meminta ada dukungan dari Pemda, dan Pemda sendiri merespon kegiatan peluncuran roket dari Lapan nantinya akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

Pasalnya, untuk peluncuran tersebut nantinya akan bersamaan dengan HUT Lapan, sementara untuk persiapan-persiapan yang akan dilakukan nanti dipastikan selesai bulan Oktober sudah disiapkan, mulai dari bangunan untuk operator, VIP, dan beberapa tenda untuk para tim yang akan datang dan pada bulan November dipastikan roket dari Lapan sudah siap diluncurkan.

Selain itu, untuk lokasi peluncuran roket sendiri rata-rata minimal berjarak 1,5 km dari pemukiman warga, seperti yang sudah dilakukan peluncuran di Jepang dan daerah lain. namun untuk peluncuran roket Lapan di Sangowo nantinya akan berjarak 3 km dari area pemukiman.

“Untuk peluncuran roket dari Lapan sendiri secara tidak langsung juga bertujuan untuk mendukung penelitian Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi),” katanya.

Roket Lapan diluncurkan di Morotai karena lokasinya yang strategis dan juga untuk menarik Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Jika semua itu berjalan mulus maka tahun 2014, roket lapan diproyeksikan untuk mengangkut satelit buatan lapan, untuk diorbitkan ke luar angkasa.

SLV Lapan 2

slv-lapan

Berikut video hasil ujicoba peluncuran Roket Lapan RX-420 :
http://video.tvonenews.tv/video/17283
roket lapan

Momentum ini harus dijaga terus dan ditingkatkan sebagai kebanggaan atas kemampuan teknologi sendiri. Jangan sampai karya insinyur Indonesia ini dijegal justru oleh orang Indonesia sendiri (biasa) para ekonom-ekonom Pemerintah yang sering menganggap karya bangsa sendiri sebagai terlalu mahal dan hanya buang-buang uang saja untuk riset ….! Inilah musuh yang sebenarnya. Waspadailah kawan-kawan insinyur Indonesia.
Setelah roket RX-420 berhasil diluncurkan, mari kita berharap roket RX-550 ini juga berhasil mengangkasa sehingga akan mengharumkan nama bangsa serta membuat negara-negara lain semakin segan terhadap kita.

sumber: http://www.antaranews.com

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Mei 2013 inci Inspiratif

 

Tag: , ,

4 responses to “Inilah Roket Indonesia Karya Anak Bangsa

  1. sugianto harisantoso

    22 Juni 2013 at 4:51 pm

    Negara kita dikepung negara2 srigala berbulu domba, kita hrs melepaskan diri dari kepungan militer/ekonomi/dominasi asing dan bebas penuh optimis utk menjadi negara besar spt AS dpt menyelesaikan masalah yg kita hadapi sekarang ini. Satu2 jalan hrs bisa para sarjana2 kita bisa swasembada utk membuat roket berjarak jangkau jauh, bisa membawa beban berat dan dpt memberikan tambahan pengetahuan kita akan ruang angkasa yg maha luas. Merdeka………

    Suka

     
  2. prasetyo

    11 Juli 2013 at 8:19 am

    Sudah saatnya Indonesia harus bangkit untuk menguasai Teknologi Tinggi,seperti membuat pesawat tempur sendiri,kapal selam sendiri,Tank kelas ringan maupun sedang hingga berat,roket penjelajah jarak sedang maupun jauh yang mampu membawa hulu ledak ratusan kg dan fokus kita bukan asia tenggara lagi tetapi asia dan australia bahkan kalau perlu dunia.
    kita sebagai negara dengan jumlah penduduk no 4 terbanyak di dunia sudah seharusnya menyandang gelar yang terkuat di bidang apapun supaya negara negara kecil di sekitar kita tidak sembarangan bahkan melecehkan kita.
    untuk Militer saya setuju anggarannya dinaikkan terus untuk mengisi arsenal arsenal dengan persenjataan yang canggih supaya negara negara disekitar kita segan…

    Suka

     
  3. rizky

    15 Desember 2013 at 11:38 am

    insya Allah indonesia akan menjadi negara yg maju dalam semua hal yg ositif amiiin……asalkan slalu di dukung pemerintah ….kalo pjabatnya bner,,, rakyat pasti ngikutin ko

    Suka

     
  4. Rizky

    23 Januari 2014 at 4:47 pm

    koruptor lah yg membuat negara ini susah…….bakar koruptor…!

    Suka

     

Tinggalkan komentar